Penyakit & Kondisi : Anemia Aplastik

Penyakit & Kondisi : Anemia Aplastik

highlysensitivepeople – Anemia aplastik adalah kelainan darah yang langka. Itu terjadi ketika sel induk di sumsum tulang Anda tidak membuat sel darah yang cukup. Orang dengan anemia aplastik mungkin mengalami kelelahan, memar atau sesak napas. Bagi banyak orang, obat-obatan secara efektif mengobati gejala-gejala ini. Dalam kasus yang parah, Anda mungkin memerlukan transplantasi sumsum tulang.

Penyakit & Kondisi : Anemia Aplastik

Penyakit & Kondisi : Anemia Aplastik

Apa itu anemia aplastik?

Penyakit & Kondisi : Anemia Aplastik – Anemia aplastik adalah kelainan darah yang langka. Kondisi serius ini adalah jenis sindrom kegagalan sumsum tulang. Jika Anda menderita anemia aplastik, jaringan kenyal di dalam tulang Anda (sumsum tulang) tidak menghasilkan cukup sel darah putih (leukopenia atau neutropenia ), sel darah merah ( anemia ), atau trombosit ( trombositopenia ).

Apa yang dilakukan sumsum tulang?

Dalam sumsum tulang yang sehat, sel punca menghasilkan tiga jenis sel darah. Ketika sel-sel darah ini sepenuhnya terbentuk, mereka meninggalkan sumsum tulang Anda dan memasuki aliran darah Anda.

– Sel darah merah mengangkut oksigen dengan mengambilnya dari paru-paru dan mengedarkannya ke seluruh tubuh Anda.
– Sel darah putih (leukosit) melawan dan menghancurkan bakteri dan kuman.
– Trombosit menghentikan pendarahan dengan membantu darah Anda menggumpal.

Bagaimana anemia aplastik mempengaruhi tubuh saya?

Ketika Anda menderita anemia aplastik, tubuh Anda tidak membuat cukup sel darah karena Anda tidak memiliki jumlah sel punca yang cukup. Biasanya, anemia aplastik didapat terjadi karena pemicu kekebalan (penyakit di mana tubuh menyerang dirinya sendiri) merusak sel induk Anda.

Apa saja jenis anemia aplastik?

Ada dua jenis anemia aplastik:

– Anemia aplastik bawaan terjadi karena mutasi gen acak. Hal ini paling sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda.
– Anemia aplastik didapat terjadi karena masalah sistem kekebalan tubuh . Ini paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, tetapi dapat terjadi pada orang dewasa yang lebih muda.

Baca Juga : Penyakit Lou Gehrig : Amyotrophic lateral sclerosis (ALS)

Siapa yang mungkin terkena anemia aplastik?

Anemia aplastik dapat menyerang siapa saja dari ras atau jenis kelamin apa pun. Anda lebih mungkin mengalami anemia aplastik jika Anda:

– Asia atau Asia-Amerika.
– Seorang remaja atau dewasa muda.
– Di atas usia 65 tahun.

Seberapa umumkah anemia aplastik?

Di Amerika Serikat, para ahli tidak tahu persis berapa banyak orang yang menderita anemia aplastik. Beberapa sumber menunjukkan bahwa, setiap tahun, sekitar 500 hingga 1.000 orang menerima diagnosis anemia aplastik.

Apa penyebab anemia aplastik?

Seringkali, penyedia layanan kesehatan tidak dapat mengidentifikasi penyebab anemia aplastik yang tepat. Faktor-faktor yang meningkatkan risiko Anda memiliki kondisi tersebut meliputi:

– Gangguan autoimun seperti eosinophilic fasciitis atau lupus.
– Obat-obatan dan paparan bahan kimia.
– Infeksi seperti HIV , hepatitis atau virus Epstein-Barr (virus yang menyebabkan mononukleosis ).
– Perawatan medis seperti terapi radiasi atau kemoterapi .
– Hemoglobinuria nokturnal paroksismal, kelainan yang didapat ketika sel darah merah Anda rusak terlalu cepat.
– Riwayat keluarga sindrom kegagalan sumsum tulang.
– Kehamilan.

Apa saja gejala anemia aplastik?

Banyak orang dengan kondisi ini hadir dengan gejala minimal, tetapi dengan jumlah darah yang rendah. Gejala yang paling umum meliputi:

– Mudah berdarah/memar.
– Pendarahan menstruasi yang berat.
– Dispnea (sesak napas).
– Kelelahan .
– Infeksi yang sering.

Gejala anemia aplastik dapat mempengaruhi orang secara berbeda. Mereka mungkin datang perlahan atau tiba-tiba. Beberapa orang mungkin memiliki gejala ringan yang dapat dikendalikan. Orang lain mungkin memiliki gejala yang menunjukkan anemia aplastik parah. Anemia aplastik berat memerlukan perawatan medis segera.

Apa komplikasi dari kegagalan sumsum tulang yang tidak diobati?

Tanpa pengobatan, orang mungkin mengalami komplikasi parah. Komplikasi ini meliputi:

– Berdarah.
– Infeksi berat (virus, bakteri dan jamur).
– Komplikasi jantung (aritmia, gagal jantung).
– Perkembangan penyakit menjadi sindrom myelodysplastic atau leukemia akut.

Tes apa yang digunakan dalam diagnosis anemia aplastik?

Penyedia layanan kesehatan menggunakan serangkaian tes untuk mendiagnosis anemia aplastik. Mereka dapat memesan:

– Tes darah untuk mengukur kadar trombosit, sel darah merah dan sel darah putih.
– Biopsi sumsum tulang untuk mengambil sampel sumsum tulang Anda dan mengevaluasinya di bawah mikroskop.

Bagaimana anemia aplastik diobati?

Rencana perawatan Anda tergantung pada beberapa faktor, seperti usia Anda, kesehatan secara keseluruhan dan gejala. Pengobatan anemia aplastik mungkin termasuk:

– Imunosupresan : Obat -obatan ini menekan sistem kekebalan Anda. Gejala anemia aplastik membaik pada sekitar 2 dari 3 orang yang menggunakan obat imunosupresif.
– Stimulan sumsum tulang: Jenis obat tertentu dapat merangsang sumsum tulang Anda untuk memproduksi lebih banyak sel darah. Anda dapat menggunakan sargramostim (Leukine┬«), filgrastim (Neupogen┬«) atau epoetin alfa (Epogen┬«).
– Transfusi darah : Transfusi menggantikan sel darah merah dan trombosit. Transfusi bukanlah obat untuk anemia aplastik, tetapi dapat mengobati gejala seperti kelelahan atau memar dengan mudah.
– Antibiotik suportif tergantung pada tingkat keparahan jumlah darah Anda.

Apakah ada pengobatan yang menyembuhkan anemia aplastik?

Sebuah transplantasi sumsum tulang adalah satu-satunya obat untuk anemia aplastik. Transplantasi sumsum tulang juga disebut transplantasi sel induk. Transplantasi adalah pengobatan pilihan untuk anemia aplastik berat.

Transplantasi sumsum tulang menggantikan sel induk yang rusak dengan yang sehat. Sel induk yang sehat dapat berasal dari:

– Sumsum tulang yang disumbangkan.
– Sel punca perifer (sel punca yang dibuang dan dirawat oleh penyedia layanan sebelum transplantasi).
– Darah tali pusar.

Bagaimana cara menemukan kecocokan untuk transplantasi sumsum tulang?

Transplantasi sumsum tulang yang berhasil membutuhkan kecocokan donor yang baik. Pendonor yang cocok adalah seseorang dengan golongan darah yang sama atau susunan genetik yang serupa. Bagi kebanyakan orang, pasangan terbaik adalah kerabat dekat seperti saudara kandung atau orang tua.

Jika Anda tidak memiliki kecocokan donor yang diketahui, Anda dapat mendaftar di registri nasional. Registri ini memasangkan Anda dengan donor yang kompatibel. Anda mungkin memerlukan terapi imunosupresif atau perawatan lain sambil menunggu donor yang cocok.

Bagaimana cara mencegah anemia aplastik?

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah anemia aplastik.

Bagaimana prospek orang dengan anemia aplastik?

Prognosis (pandangan) untuk orang dengan anemia aplastik biasanya baik. Kebanyakan orang yang menerima perawatan dapat menjalani kehidupan yang berkualitas tinggi. Transplantasi sumsum tulang dapat menyembuhkan anemia aplastik.

Kondisi apa yang berhubungan dengan anemia aplastik?

Banyak orang dengan anemia aplastik juga memiliki kelainan darah lainnya, seperti:

– Anemia Fanconi , kondisi herediter langka yang menyebabkan cacat lahir (cacat bawaan) seperti lengan atau kaki yang tidak berkembang.
– Hemoglobinuria nokturnal paroksismal, kelainan yang didapat ketika sel darah merah Anda rusak terlalu cepat.

Bagaimana cara merawat diri sendiri jika saya menderita anemia aplastik?

Jika Anda menderita anemia aplastik, penting untuk:

– Hindari aktivitas kontak tinggi: Olahraga seperti sepak bola, hoki, atau gulat memiliki risiko cedera. Karena anemia aplastik membawa risiko pendarahan yang tidak terkontrol, Anda mungkin perlu menghindari olahraga kontak yang dapat menyebabkan cedera.
– Lindungi diri Anda dari virus dan kuman: Cuci tangan Anda secara menyeluruh dan sering. Hindari paparan orang sakit, kenakan masker dan dapatkan semua vaksin yang direkomendasikan, termasuk suntikan flu tahunan Anda. Jika Anda mulai menunjukkan tanda-tanda infeksi, segera temui penyedia layanan kesehatan Anda.
– Istirahat sesuai kebutuhan: Jika Anda menderita anemia, Anda mungkin merasa sesak napas bahkan setelah melakukan aktivitas dengan intensitas ringan. Beristirahatlah saat Anda perlu, dan banyak istirahat.

Apa lagi yang harus saya tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan saya?

Anda mungkin ingin bertanya kepada penyedia layanan kesehatan Anda:

– Apa penyebab paling mungkin dari anemia aplastik?
– Apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi gejala anemia aplastik?
– Perawatan apa yang Anda rekomendasikan?
– Apakah ada efek samping dari pengobatan anemia aplastik?
– Bagaimana cara terbaik mengatasi anemia aplastik dan kondisi kesehatan lainnya?

Kesimpulan

Anemia aplastik adalah kelainan sumsum tulang yang jarang namun serius. Ini terjadi ketika sel induk Anda tidak membuat cukup sel darah. Anda mungkin mudah memar, kelelahan, atau sesak napas. Tanpa pengobatan, anemia aplastik dapat meningkatkan risiko infeksi serius, pendarahan, masalah jantung, dan komplikasi lainnya. Satu-satunya obat untuk anemia aplastik adalah transplantasi sumsum tulang. Jika Anda perlu menunggu donor sumsum tulang yang cocok, Anda dapat mengonsumsi obat imunosupresif seperti antithymocyte globulin (ATG), siklosporin atau tacrolimus, dan eltrombopag agonis reseptor trombopoietin. Kebanyakan orang yang menerima pengobatan anemia aplastik menjalani kualitas hidup yang tinggi.

Recommended Articles