Topik Sensitif yang Perlu Dipelajari Sejak Dini Sebagai Bekal Hidup Bermasyarakat

Sep 7, 2020 Blog, Informasi, Panduan
Topik Sensitif yang Perlu Dipelajari Sejak Dini Sebagai Bekal Hidup Bermasyarakat

Topik Sensitif yang Perlu Dipelajari Sejak Dini Sebagai Bekal Hidup Bermasyarakat

Topik Sensitif yang Perlu Dipelajari Sejak Dini Sebagai Bekal Hidup Bermasyarakat – Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa mendidik anak bukanlah perkara yang mudah. Selain pendidikan yang didapatkan ketika duduk di bangku sekolah, ada banyak topik yang harus dipelajari sang anak semenjak ia masih kecil. Sayangnya, ada beberapa isu sensitif yang masih tabu untuk dibahas dengan anak. Sering kali anak-anak merasa malu dengan pembahasan sensitif yang belum pernah ia temukan di bangku sekolah. Meskipun ada beberapa pembahasan yang kurang pantas dibicarakan dengan anak, kita tetap harus memberikan penjelasan mengenai topik yang sensitif tersebut. Pemahaman akan topik sensitif sejak dini nantinya akan menjadi bekal bagi anak ketika hidup bermasyarakat ketika dewasa. Anak-anak dapat mengerti hal apa yang dapat mereka lakukan dan tidak boleh dilakukan ketika hidup di tengah masyarakat sosial nantinya.

Topik sensitif pertama yang perlu dipelajari sejak dini guna mendapatkan bekal ketika hidup bermasyarakat adalah topik yang berhubungan dengan seksualitas. Topik seksualitas merupakan pembahasan yang tabu bagi anak. Orang tua cenderung akan mengalihkan pembicaraan ketika anak bertanya mengenai seksualitas. Dengan banyaknya kasus kekerasan pada anak, topik mengenai seksualitas perlu diketahui oleh anak sejak dini. Dengan pengetahuan akan hal tersebut, anak-anak dapat mengetahui hak apa saja yang mereka miliki atas tubuhnya sendiri. Mereka bahkan dapat menjaga dirinya sendiri dari tindakan yang tidak sopan. Keuangan menjadi topik sensitif lainnya yang perlu dipelajari sejak dini. Pembahasan mengenai finansial merupakan pembahasan tabu yang tidak boleh disebarluaskan. Dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat, kita sebaiknya mengenalkan anak akan konsep menabung. Dengan begitu, kepribadian baik dapat dipupuk sejak dini dan memungkinkan anak dapat menjalin hubungan sosial dengan mudahnya ketika dewasa.

Pembahasan mengenai ras dan agam menjadi topik sensitif yang banyak muncul hingga saat ini. Sebagai negara yang kaya akan keaneragaman, kita dituntut untuk menghormati perbedaan. Ketika hidup bermasyarakat sosial, ada banyak orang dengan latar belakang berbeda yang akan kita temukan. Perbedaan akan ras dan agama kerap kali dijadikan alasan untuk tidak berhubungan dengan agama dan ras yang berbeda. Jika perbedaan tersebut tidak segera diselesaikan, hidup bermasyarakat akan sulit untuk diciptakan. Agar dapat hidup dengan baik di tengah masyarakat, topik mengenai perbedaan ras dan agama perlu untuk dihindari. Kita juga harus menanamkan pemahaman kepada anak bahwa perbedaan agama dan ras bukan merupakan halangan untuk hidup berdampingan dengan orang lain. Hal tersebut juga memungkinkan anak untuk tidak memiliki pemikiran yang sempit dan menghormari akan perbedaan.

Kesopanan menjadi hal sensitif lain yang perlu diketahui sejak dini. Kesopanan sangat diperlukan ketika berhubungan dengan orang lain. Orang lain dengan tangan terbuka akan menerima kita sebagai salah satu sosok yang dapat dirangkul sebagai kawan atau kenalannya. Hidup bermasyarakat dapat dengan mudah terjadi selama kita menjunjung tinggi akan kesopanan. Jika kita bersikap kurang sopan dengan orang lain, kita akan kesulitan menjalin hubungan dan tinggal di tengah masyarakat. Guna mendapatkan bekal hidup bermasyarakat, kita juga dapat mengajarkan anak-anak sejak dini mengenai kesopanan. Dalam pembahasan mengenai kesopanan dengan anak, kita dapat melakukannya sejak anak berusia balita. Mereka kelak akan mendapatkan bekal hidup ketika terjun di tengah masyarakat dan memudahkannya untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Itulah beberapa topik sensitif yang perlu dipelajari sejak dini agar dapat memperoleh bekal hidup bermasyarakat ketika dewasa.

By higsens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!