Macam-Macam Diskriminasi Yang Perlu Anda Ketahui

Sep 7, 2020 Blog, Informasi, Panduan
Macam-Macam Diskriminasi

Macam-Macam Diskriminasi Yang Perlu Anda Ketahui

Macam-Macam Diskriminasi Yang Perlu Anda Ketahui – Langsung saja, ada banyak macam diskriminasi di dunia ini Macam-macam diskriminasi ini dibuat oleh masyarakat sendiri untuk jadi counter measured suatu tindakan terukur agar mereka bisa merasa aman, nyaman, bebas dari gangguan kelompok lain. Padahal itu nyata-nyata muncul dari prasangka saja. Di antara diskriminasi yang terjadi, misalnya,

• Diskriminasi Ekonomi : memperlakukan berdasarkan income atau tingkat ekonomi seseorang. Misalkan larangan orang miskin, gembel, duduk di suatu taman yang mewah.
• Diskriminasi Ras : memperlakukan orang dengan buruk dan distingtif dari perbedaan ras.
• Diskriminasi Gender : memperlakukan kaum wanita dengan tidak setara, melecehkan dan merendahkannya.
• Diskriminasi Politik : memperlakukan orang yang berbeda piihan politik dengan buruk, misalkan dengan pelecehan dan boikot dari layanan tertentu.
• Diskriminasi Agama : memperlakukan orang yang berbeda agama dan keyakinan dengan tidak adil.
• Diskriminasi Balik : memperlakukan kaum mayoritas tidak adil karena menganakemaskan kaum minoritas demi kesetaraan.

Diskriminasi juga dapat terjadi karena usia seseorang, jenis kelamin, atau berbagai faktor lainnya. Bergantung pada yurisdiksi, beberapa alasan untuk mendiskriminasi seseorang adalah ilegal. Usia adalah salah satu alasan seseorang didiskriminasi, apakah ia muda atau tua. Seks adalah alasan lain; misalnya, majikan mungkin lebih suka mempekerjakan laki-laki atau menolak mempekerjakan orang yang jenis kelaminnya tidak jelas. Di beberapa tempat, diskriminasi rasial merajalela, artinya orang lebih memilih ras tertentu daripada yang lain.

Ketika orang berbicara tentang diskriminasi usia, mereka sering merujuk pada tindakan diskriminatif terhadap orang tua. Orang paruh baya hingga lanjut usia kadang-kadang tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk mereka atau dipecat dari pekerjaan saat ini demi memberikan posisi kepada seseorang yang lebih muda. Namun, kaum muda dapat – dan sering didiskriminasi. Misalnya, orang muda mungkin kehilangan kesempatan kerja karena majikan lebih suka mempekerjakan orang yang lebih tua, percaya bahwa orang yang lebih tua akan melakukan pekerjaan yang lebih baik secara keseluruhan.

Kadang-kadang, orang dapat didiskriminasi berdasarkan jenis kelamin atau orientasi seksual mereka. Beberapa majikan dapat melakukan diskriminasi berdasarkan fakta-fakta ini karena perasaan atau gagasan pribadi mereka sendiri tentang apa yang dibutuhkan oleh pekerjaan itu. Misalnya, majikan di restoran mungkin lebih suka server perempuan daripada yang laki-laki karena dia percaya perempuan membuat server yang lebih baik. Contoh lain mungkin dari majikan yang tidak ingin mempekerjakan seorang wanita untuk pekerjaan tertentu, karena dia tidak percaya perempuan nyaman dengan pekerjaan yang menuntut fisik. Dalam situasi lain, majikan mungkin tidak menyukai jenis kelamin atau orientasi seksual tertentu daripada percaya bahwa jenis kelamin atau orientasi seksual lebih rendah.

Diskriminasi rasial dapat menyebabkan peluang perumahan yang terbatas, pengangguran, dan banyak lagi untuk ras yang didiskriminasi. Jenis diskriminasi ini seringkali didasarkan pada penampilan fisik; misalnya, pemilik mungkin menolak untuk menyewa untuk orang berkulit gelap. Meskipun jenis diskriminasi ini jarang terlihat di beberapa yurisdiksi, ia merajalela di negara-negara lain.

Ada juga diskriminasi kecacatan, di mana orang yang memenuhi syarat tetapi cacat melamar pekerjaan di perusahaan poker678.net dan ditolak karena kecacatan tersebut. Namun ditolak karena kecacatan biasanya tidak dianggap diskriminatif jika kecacatan mencegah pelamar yang cacat melakukan tugas pekerjaan yang diperlukan. Sementara diskriminasi kecacatan biasanya mengacu pada tindakan yang diambil oleh pemberi kerja, ada juga cara lain untuk mendiskriminasi penyandang cacat.

By higsens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!